2 Pagelaran Buka Luwur Bulan Suro (Muharram) Di Kota Kudus

Category : Kudus, sewa mobil
2 Pagelaran Buka Luwur Bulan Suro (Muharram) Di Kota Kudusby vid arton.2 Pagelaran Buka Luwur Bulan Suro (Muharram) Di Kota KudusBulan Muharram atau yang lebih dikenal dengan bulan Suro bagi masyarakat Kudus ini merupakan bulan yang mempunyai keistimewaan tersendiri dalam hitungan bulan Islam ala Jawa. Karena dalam bulan Muharram adalah saat pencucian pusaka keris, dan gaman yang di kramatkan. Yang dinamakan Buka luwur Merupakan acara yang bertujuan untuk mengenang dan meneladani ajaran kanjeng sunan yakni […]

Bulan Muharram atau yang lebih dikenal dengan bulan Suro bagi masyarakat Kudus ini merupakan bulan yang mempunyai keistimewaan tersendiri dalam hitungan bulan Islam ala Jawa. Karena dalam bulan Muharram adalah saat pencucian pusaka keris, dan gaman yang di kramatkan. Yang dinamakan Buka luwur Merupakan acara yang bertujuan untuk mengenang dan meneladani ajaran kanjeng sunan yakni tokoh penyebar agama islam di Pulau Jawa.

Tradisi buka luwur di Kudus sendiri terdapat dua tradisi yakni di makam sunan Kudus dan sunan Muria.

Buka Luwur Makam Sunan Kudus

muria

Di awali dari makam Sunan Kudus yang kemudian di teruskan pada makam para wali di sekitar Kudus. Prosesi Buka Luwur dilakukan pada 10 Suro dengan pencopotan kelambu atau kain putih penutup makam yang sudah satu tahun digunakan. Tradisi yang dilakukan turun temurun oleh masyarakat Kudus ini memang unik dan menarik partisipasi masyarakat umum, bukan hanya masyarakat asli Kudus tapi masyarakat di luar Kudus-jepara dan sekitarnya pun ikut turut serta dalam acara tersebut. Masyarakat berbondong-bondong untuk mendapatkan kelambu atau kain putih yang disebut dengan Luwur, Masyarakat meyakini bahwa doa dari para peziarah menempel pada kain luwur tersebut akan memperoleh berkah. Pasalnya dalam pelaksanaan malam 10 Suro, tidak hanya prosesi peninggalan kain putih penutup makam saja, akan tetapi dilanjutkan dengan berbagai acara mulai dari khotmil qur’an dan pengajian umum yang dilanjutkan dengan pembagian nasi bungkus dan sebagainya.

Buka Luwur Makam Sunan Muria

kudus

Buka luwur dimakam sunan Muria dilaksanakan pada tanggal 15 Muharram berlokasi didesa Colo kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Dinamakan sunan Muria karena Raden Umar Said melakukan dakwahnya di sekitar gunung Muria. Beliau mengabdikan hidupnya untuk menyebarkan agama Islam hingga beliau wafat dan dimakamkan di gunung Muria.
Untuk mengenang jasa dan pengabdian sunan Muria, setiap setahun sekali diadakan buka luwur dengan sederet rangkaian acara yang meliputi tahlilan, khataman al-Qur’an, shalawat nabi dan lain sebagainya.

Dalam acara buka luwur telah disediakan ubarampu yang berupa nasi,daging kerbau atau kambing yang dibungkus dan potonan kain kelambu yang lama dan telah dimasukkan dalam bungkusan tersebut,kemudian jika telah selesai upaca Buka Luwur dibagikan kepada masyarakat. Oleh masyarakat diyakini bahwa dengan melaksanakan upacara buka luwur akan mendapatkan barokah dari sunan muria, sedangkan nasi dan daging kerbau atau kambing dapat menyembuhkan orang sakit, kain klambu tersebut digunakan sebagai jimat untuk tolak balak.

Nah.. Menarik bukan?? Jika Anda Ingin mengunjungi kota kudus dengan keluarga atau rombongan dibulan Muharram ini kami jasa rental mobil kudus dan sewa Travel Kudus siap melayani Anda keliling atau ziarah dimakam kudus dengan layanan yang terbaik.

Avatar for vid art

Author: 

Related Posts