Ragam Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Semarang

Category : Antar Jemput, Semarang
Ragam Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas Semarangby vid arton.Ragam Kuliner Dan Oleh-Oleh Khas SemarangSemarang merupakan Kota yang mempunyai potensi wisata yang cukup menarik, beberapa peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh sampai saat ini salah satunya adalah Tugu muda (Tugu yang menjadi iconnya kota Semarang). Berbicara tentang Kota Semarang tentunya yang ada di pikiran kita adalah dengan aneka ragam kulinernya, Nah di sini kita akan berbagi Refrensi untuk mencicipi […]

Kota semarang

Semarang merupakan Kota yang mempunyai potensi wisata yang cukup menarik, beberapa peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh sampai saat ini salah satunya adalah Tugu muda (Tugu yang menjadi iconnya kota Semarang).
Berbicara tentang Kota Semarang tentunya yang ada di pikiran kita adalah dengan aneka ragam kulinernya, Nah di sini kita akan berbagi Refrensi untuk mencicipi kuliner maupun berburu oleh-oleh di kota semrang.

Di awali untuk menu sajian paginya yang pertama.
1. SOTO BANGKONG, Terletak di perempatan Jl. A. Yani, Jl. MT Haryono dan Jl. Brigjen Katamso yang biasa disebut Bangkong, Warung soto ini di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 10.00 malam, Dalam warung Soto Bangkong ini memiliki menu utamanya adalah soto daging, Tetapi juga menyediakan ayam goreng dan garang asem sebagai menu pilihannya.
2. NASI GORENG BABAT GONGSO PAK TAMAN, Untuk mencari menu nasi goreng di malam hari memang cukup mudah, namun bagaimana kalau di pagi hari Mungkin akan lebih sulit, namun tidak demikian dengan daerah Selatan Stadion Diponegoro (depan Kantor BPN), Semarang. Di daerah ini kita bisa menjumpai menu nasi goreng di pagi hari mulai jam setengah 7 pagi hingga jam 4 sore hari. Menu ini bisa kita temukan di Warung Nasi Goreng Babat & Gongso Babat Pak Taman.

Untuk menu makan siangnya cukup banyak pilihannya, Dan inilah beberapa Refrensi untuk menu makan siang anda.
1. Asem-asem Koh Liem, Terletak di Jl. Karanganyar Blok C-4/28 tepatnya berada di depan SMA Loyola Semarang. Menu andalan Warung Makan Koh Liem adalah Asem-asem, kuliner yang berbahan daging sapi dengan bumbu utama asem-asem adalah belimbing wuluh dicampur dengan cabai sehingga menghasilkan paduan rasa asem dan pedas, Selain menu andalanny Asem-asem anda juga di sajikan dengan berbagai menu pilihan lain yang tidak kalah lezatnya, seperti Lontong Cap Gomeh, Bandeng Sarden, Blanak, Oseng-oseng Kikil Lombok Ijo, Nasi Langgi, Cap Cay, Ca Pete Udang, Ca Bayam, Sayur Lodeh, Sayur Bening, Menu-menu yang disajikan memang menu dengan citarasa Jawa dengan sentuhan Cina, itu sebabnya mengapa pelanggan warung makan ini banyak yang merupakan warga keturunan Tionghoa, Untuk Anda yang non muslim, Anda dapat menikmati menu Babi Sayur Asin, Babi Kecap dan aneka olahan kodok seperti Kodok Goreng, Kodok campur Cumi,Udang campur Kodok Goreng Mentega dan Kodok campur Jerohan. Dan bagi anda yang umat Muslim, beberapa makanan di tempat ini mengandung daging babi. Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda makan benar-benar halal. Dan tepat di sebrang RM.Asem2 Koh Liem ada jajanan yang cukup menarik, yaitu Leker Paimo yang selalu ramai pembeli meski tempatnya di kaki lima tapi pembelinya rela antri untuk mendapatkan Kue Leker tersebut, Tempat jajan ini buka mulai siang sekira pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun, terkadang di sore hari sekira pukul 17.00 WIB sudah habis diserbu para pelanggan setianya. Dengan harga yang super terjangkau, yakni mulai dari Rp1.000 hingga Rp15 ribu, leker disajikan dengan puluhan pilihan rasa. Yang paling favorit antara lain leker sosis telur keju, leker sosis telur tuna, dan leker pisang coklat keju, Leker paimo yang murah meriah dan tersaji dalam berbagai rasa ini tentu bisa menjadi pilihan yang unik dan menggugah selera anda.
2. Mie Siang Kie, Kedai Mie Siang Kie yang terletak di Jl. Gang lombok, daerah Pecinan Semarang Tengah merupakan salah satu kedai yang bisa dijadikan alternatif untuk menikmati mie pangsitnya, Paduan antara mie dengan serpihan telur dadar, pangsit rebus (berisi daging babi), irisan tipis daging ayam, tahu bakso, bakso ikan dan kekian udang. Disajikan dengan semangkuk kuah kaldu yang berisi sawi hijau yang pasti tidak perlu diragukan lagi untuk kenikmatan rasanya, pasti membuat rindu makan lagi saat mengunjungi kota Semarang ini.
3. Ndas Manyung Bu Fat, Terletak di tepi jalan perkampungan tepatnya di Jl. Ariloka Raya dekat Sungai Banjir Kanal Barat Semarang yang tidak jauh dari pusat kota, Tempat ini menyajikan menu andalannya yaitu Ndas Manyung yang spesial, Kepala atau ndas manyung yang menjadi bahan utama dipilih yang berukuran besar dengan berat sekitar 1 Kg.Rasa gurih kepala manyung dan rempahnya yang pedas, serta tidak ada bau amis, membuat ketagihan mereka yang mencoba menu ini, Kepala manyung yang telah di panggang kemudian direbus setengah matang dulu, setelah itu dimasak menggunakan bumbu yang telah diracik hingga benar-benar siap disajikan. Begitu sudah matang aroma yang keluar begitu menggoda lidah untuk menyantapnya, Puncaknya adalah pada jam makan siang, banyak pengunjung yang rela antre untuk bisa menikmati menu khas di warung ini, Bahkan menurut penuturan dari pengelolanya, beberapa pejabat maupun artis ibu kota pun sering mampir ke sini. Nah jika Anda penyuka menu pedas atau kuliner laut, jangan lupa mencoba menu ndas manyung ini saat ke Semarang.

Dan untuk makan malamnya pastinya lebih banyak lagi pilihannya, dan berikut beberapa Referensi untuk berburu menu kuluiner di malam hari di semarang.
1. Bakmi jowo Pak Gareng, terletak di Jl. Wot Gandul Dalam No.173 Semarang tengah ini terkenal dengan nama bakmi jawa Pak Gareng. Tempat ini di buka dari jam 11.00 s/d 24.00 tapi biasanya ramai pengunjung pada malam hari, Menu yang ditawarkan sangatlah bervariasi, yaitu bakmi goreng/rebus, bihun goreng/rebus, bakmi campur goreng/rebus, nasi goreng/rebus, nasi ruwet, dan sate ayam. Pengunjungnya mulai dari artis hingga pejabat pun pernah mencicipi makanan di tempat ini.
2. Sate kambing dan tongseng Pak Amat, bertempat di Jl Thamrin No 23, Semarang. warung sate dan tongseng Pak Amat mempunyai ciri khas dagingnya yang empuk, Daging kambing di warung ini sengaja dipilih dari kambing yang masih muda. Selain Sate kambing menu Tongsengnya tidak kalah niknmat, dengan irisan daging kambing pada tongseng yang mempunyai ketebalan dan ukuran yang pas, hasil tingkat kematangan daging merata hingga kebagian yang dalam.
3. Buat anda yang menyukai menu seafood, Kampung Laut bisa menjadi pilihannya. Tempat kuliner yang satu ini merupakan rumah makan apung serta pemancingan yang didesain dengan konsep gazebo dan lesehan, yang dominasi dengan bangunan kayu dan mengambang diatas air. Dengan konsep yang menarik ini tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan domestic maupun manca Negara. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang sangat cocok sebagai wisata kuliner dengan menu makanan laut atau seafood. Bertempat di Puri Maerokoco Jl. Anjasmoro Tawang Mas Kota Semarang. Berbagai menu andalan dapat ditemukan di Rumah makan Kampung Laut. Diantaranya adalah masakan ikan patin bakar bumbung, Bawal bintang bakar, gurame goreng kering dan aneka masakan seafood lainnya, Bahkan di restoran ini juga menawarkan berbagai aneka masakan selain seafood seperti Iga Sapi Bakar, dan masih banyak lagi.

Dan untuk oleh-oleh wajibnya Semarang yaitu, Lunpia. Ada beberapa tempat Lunpia di Semarang yang terkenal, seperti Lunpia gang lombok, Lunpia Mataram dan Lunpia Mbak Lien. selain Lunpia, Wingko juga menjadi salah satu oleh2 khasnya Semarang. Dan Wingko yang cukup terkenal di Semarang adalah Wingko Kereta api. Akan tetapi kalau anda ingin mencari tempat oleh2 yang terlengkap, anda bisa berkunjung ke tempat pusat oleh-olehnya kota Semarang, yang berada di Jl.Pandanaran. Di situ juga tersedia Bandeng presto.
Untuk buah tangan, anda bisa berkunjung ke Kampung Batik. yang terletak Jl.Batik, berada di dekat Bundaran Bubakan Semarang. Memang Kampung Batik Semarang belum begitu tersohor di kalangan masyarakat seperti halnya Kampung Batik Laweyan Solo, Tetapi ternyata, Kampung Batik Semarang ini memiliki sejarah yang panjang dan melalui berbagai masa. batik khas semarangan yang bertemakan flora dan fauna serta paduan seni cina.
Nahh,, Demikian Info dari kami jasa Sewa Travel dan bus pariwisata semarang tentang ragam kuliner dan oleh-oleh khas semarang. Smoga Bermanfaat…. Terimakasih

Avatar for vid art

Author: 

Related Posts